Analisis Soft Skill Mahasiswa Melalui Tindakan Kelas Pada Mata Kuliah Berbasis E-learning

Tio Prasetio, Dyah Retno Utari

Sari


E-learning merupakan suatu layanan proses belajar mengajar yang bertumpu pada pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan elearning dapat menciptakan dimensi perilaku yang berbeda, dibandingkan dengan pembelajaran dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis atribut soft skills mahasiswa melalui tindakan kelas yang mengikuti mata kuliah dalam jaringan atau daring (e-learning) maupun pembelajaran di kelas. Data penelitian ini merupakan indikator soft skills dari peserta pembelajaran berupa variabel kejujuran, partisipasi, komunikasi lisan dan kreatifitas mahasiswa, yang dikumpulkan sebelum dan sesudah Ujian Tengah Semester. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan untuk semua atribut soft skill yaitu kejujuran sebesar 0,57, partisipasi sebesar 0,39, komunikasi lisan sebesar 0,82 dan kreatifitas sebesar 0,57. Nilai tersebut berlaku untuk jenis pembelajaran pembelajaran di kelas maupun di dalam jaringan (online).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Triatmanto, “Tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah,” Cakrawala Pendidikan, vol. XXIX, no. 2, hal. 187–203, 2010.

I. Ketut Sudiana, “Upaya Pengembangan soft skills Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Kimia Dasar,” Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 2, hal. 91–101, 2012.

D. A. D. Depdiknas, “Pengembangan soft skills dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” 2008.

N. K. Sinarwati, “Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mampu Meningkatkan soft skills dan Hard skills Mahasiswa,” Jurnal Ilmuah Akuntansi dan Humanika, vol. 3, no. 2, hal. 1208, 2014.

R. Rusman, Model-Model Pembelajaran, 7 ed. Rajawali Press, 2018.

R. Rugaiyah dan A. Sismiati, Profesi Kependidikan, 3 ed. Ghalia Indonesia, 2013.

Nursalam dan F. Efendi, Pendidikan Dalam Keperawatan. Penerbit Salemba Medika, 2008.

M. Rais, “Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi soft skills,” in Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, 2010, hal. 1–18.

Elfindri, Soft Skills Untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media, 2011.

R. Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, 12 ed. Remaja Rosdakarya, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.