APLIKASI METODE BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA (BMTM) UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID
Sari
Metode mengeja memiliki kelemahan-kelemahan antara lain kesulitan dalam mengenal rangkaianrangkaian huruf yang berupa suku kata atau pun kata. Kelemahan lain dalam metode mengeja adalah dalam kesulitan pelafalan diftong dan fonem-fonrm rangkap, seperti ng, ny, kh, au, oi, dan sebaginya. anak-anak balita akan sulit merangkaikan bunyi huruf yang satu dengan yang lain. Kelemahan berikutnya adalah setelah anak menguasai rangkaian suku kata, anak akan kesulitan kembali untuk menghilangkan proses pengejaan sehingga agak menghambat kemampuan mereka untuk membaca dengan normal.
Untuk mengatasi kelemahan pada metode mengeja dibutuhkan sebuah Aplikasi media pembelajaran yang dapat menjawab serta memenuhi kekurangan dan kendala-kendala yang dihadapi orangtua, pengajar dan anak didik dalam memberikan serta menerima proses belajar mengajar membaca. Salah Satu metode yang dapat diterapkan untuk belajar membaca adalah Metode belajar membaca Tanpa Mengeja (BMTM).
Kata Kunci: Belajar membaca tanpa mengeja, Metode membaca, Adobe Flash
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahuja, P dan G.C. Ahuja. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Kamus besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/. 2 mei 2015 (21:55). (KBBI) 2009. Revolusi Belajar Membaca Tanpa Mengeja Buku 1. Yogyakarta : pustaka Widyatama
Noviana, Intan. 2008. Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja. Yogyakarta BMTM Centre.
Silvia, ida. 2011. Belajar Membaca Tanpa Mengeja. http://idasilvy.blogspot.com/2011/11/belajar -membaca-tanpa-mengeja.html. 30 November 2011.
Suffah, Khanza. Metode Cepat Jago Membaca. Surabaya : CV Cahaya agency
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.