PEMANFAATAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MEMPELAJARI ILMU TAJWI

Arip Febrianto

Sari


Perkembangan teknologi yang pesat saat ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah dasar baik pada materi pembelajaran maupun cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada tahap pendidikan anak usia sekolah dasar, siswa akan cenderung lebih tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran karena terdapat gambar animasi yang menarik perhatian, warnawarna yang cerah, dan suara sehingga lebih interaktif. Sehingga dalam tahap ini siswa akan lebih mudah mengingat dan memahami materi yang disampaikan guru. Selama  ini metode yang digunakan  dalam pembelajaran  ilmu  tajwid  adalah guru menerangkan materi ajarnya dan untuk praktek seorang guru membaca materi sedangkan siswa menirukan, sehingga proses belajar mengajar tidak efektif. Anak cenderung  lebih  jenuh dan mengurangi minat belajar membaca Al -Qur’an dan mempelajari ilmu tajwid. Oleh karena itu perlu adanya suatu media pembelajaran yang menarik serta interaktif untuk memperkuat model penyampaian proses bembelajaran bagi siswa, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi adobe flash CS6. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dengan adobe flash CS6 untuk mempelajarari ilmu tajwid. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, dan pengembangan.

Kata Kunci Adobe Flash CS6, Ilmu Tajwid 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Wardiana, Wawan, dkk. 2015. Perangkat Ajar Interaktif Tentang Hukum Tajwid Untuk Pembacaan Al – Qur’an, INKOM - Jurnal Informatika, Sistem Kendali dan Komputer

. Zarkasyi. 2003. Pelajaran Tajwid Qaedah Bagaimana Mestinya Membaca Al-Quran Untuk Pelajaran Permulaan. Surabaya : Trimurti.

. Chaer, Abdul. (2012). Al-Qur’an dan Ilmu T ajwid. Jakarta: PT. Rineka Cipta

. Indriyani, Fintri. 2015. Rancangan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multi Media untuk Siswa Tingkat Dasar pada

. Taman Pendidikan Al-Qur’an Dta At-Taqwa. Paradigma Vol. Xvii. No.2 September 2015, 44

. Saputra, N. (n.d.). No Title, 35–38.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.