Implementasi Konsep Self Service Technology (SST) Pada Model Bisnis Restoran

Andri Wijaya

Sari


Memberikan inovasi dan system layanan serba cepat dan mandiri yang sesuai dengan kebutuhan merupakan keinginan yang selalu menjadi tuntutan pelanggan sehingga menjadi salah satu kunci sukses bersaing dibanyak bisnis kuliner. Self Service Technology adalah contoh dari pelayanan konsumen yang dapat dioptimalkan sehingga memberikan pelanggan lebih banyak kontrol di tangan mereka sendiri disbanding sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis dan system informasi berdasarkan dari kebutuhan pelanggan dengan menerapkan konsep Self Service Technology (SST) yaitu pelanggan dapat melakukan semua layanan yang ada pada restoran secara mandiri dan Automatic tanpa melibatkan pelayan dan layanan diberikan secara personal. Penelitian ini berbentuk studi kasus pada 5 restoran yang berada di Kota Palembang dengan metode penelitiannya adalah Research & Development. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung ke Owner restoran, Manajer restoran, Pramusaji (Waiter), dan Kasir. Penelitian ini menghasilkan rancangan model bisnis dan arsitektur sistem dengan konsep Self Service Technology yang dapat digunakan pelanggan secara mandiri dan pelayanan yang diberikan lebih berorientasi ke personal pelanggan sedangkan untuk pengimplementasian ke dalam bentuk sebuah sistem informasi yang disertai dengan aplikasi pendukung dari model bisnis ini masih dalam proses pengembangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Jackson, “Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Pada Kaisar Organizer Dengan Business Model Canvas,” Agora, vol. 3, no. 2, pp. 8–16, 2015.

C. Nugroho and P. D. A. Pamungkas, “Sistem Informasi Employee Self Services Departemen Hrd-Ga Pada Pt Century Batteries Indonesia Jakarta,” vol. 3, no. 1, pp. 235–241, 2017.

M. Barrett, E. Davidson, J. Prabhu, and S. L. Vargo, “Service innovation in the digital age: Key contributions and future directions,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 39, no. 1, pp. 135–154, 2015.

Y. Ying Chieh, L. Sheng Wen, and D. May Ching, “Determinants of self-service technology adoption,” African J. Bus. Manag., vol. 6, no. 40, pp. 10514–10523, 2012.

Z. Barua, W. Aimin, and X. Hongyi, “A perceived reliability-based customer satisfaction model in self-service technology,” Serv. Ind. J., vol. 38, no. 7–8, pp. 446–466, Jun. 2018.

E. W. K. Regina Hollyvia, Theresia Noverita Sie, “SELF-SERVICE TECHNOLOGY (SST) ACCEPTANCE ANALYSIS IN RESTAURANTS IN INDONESIA BY USING TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” no. 2003, pp. 1–38, 2011.

I. D. A. E. Yuliani, “Self-Service Technology Berbasis Smartphone Device pada Sistem Pemesanan Menu Makanan,” Proceeding Semin. Nas. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., pp. 115–120, 2018.

I. Susianto, Christie Chandra and Fachira, “The Influence of Self Service Technology ( SST ) Toward Customer Satisfaction,” J. Bus. Manag., vol. 4, no. 6, pp. 728–742, 2015.

C. W. Tan, I. Benbasat, and R. T. Cenfetelli, “An exploratory study of the formation and impact of electronic service failures,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 40, no. 1, pp. 1–29, 2016.

C. E. Prastio and N. Ani, “Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android ( Case Study : Warkobar Café Cikarang ),” J. PETIR, vol. 11, no. 2, pp. 203–220, 2018.

S. Fadli, “Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 1, no. 1, p. 57, 2018.

M. L. Meuter, A. L. Ostrom, R. I. Roundtree, and M. J. Bitner, “Self-service technologies: Understanding customer satisfaction with technology-based service encounters,” J. Mark., vol. 64, no. 3, pp. 50–64, 2000.

S. Boon-itt, “Managing self-service technology service quality to enhance e-satisfaction,” Int. J. Qual. Serv. Sci., vol. 7, no. 4, pp. 373–391, 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.